Thursday, March 26, 2015

Spesifikasi Komputer / PC Untuk Game Online Berat & Ringan

Indonesia adalah negara dengan pemain game online yang tinggi, tidak heran jika game-game online yang dirilis di negara lain juga hadir di Indonesia. Anda tentu masih ingat dengan game RF Online dan Perfect World yang booming saat peluncurannya beberapa tahu lalu oleh Lyto selaku publisher dahulu, tidak banyak komputer yang mampu memainkan game ini dengan lancar sehingga membuat saya sering mengunjungi game center/warnet terdekat untuk bisa ikut bermain didalamnya. Apakah Anda ingin memainkan game-game online tersebut di rumah? Jika iya, maka informasi spesifikasi komputer/PC untuk beberapa game online populer ini mungkin akan bermanfaat bagi Anda.


tampilan game anarchy online

Spek komputer yang cocok untuk game online


Point Blank dan Warcraft DotA adalah dua game fenomenal yang menurut saya paling diminati gamers. Namun tahukah Anda, sebenarnya dua game ini tidak membutuhkan resource atau hardware komputer yang besar, dengan PC standar paling tidak Pentium 4 atau Dual Core, Anda sudah bisa memainkan game ini. Namun, game-game berat seperti RF Online, Atlantica, PES, dan lain-lain membutuhkan processor yang lebih tinggi lagi, seperti Core i3 atau paling tidak Core2Duo. AMD juga menjadi processor andalan gamer, jika menginginkan processor AMD, Anda bisa memilih processor minimal Athlon X2.

Memory RAM juga salah satu hal yang penting untuk diperhatikan saat ingin memainkan game online. Saat ini, ketersedian RAM 2GB dalam komputer rumahan adalah hal yang lumrah dan ini cukup menguntungkan jika Anda ingin bermain game online semacam Point Blank. Namun, saya rasa RAM tersebut masih sangat kurang jika Anda ingin mencoba kedahsyatan dunia World of Warcraft Online.

Selanjutnya adalah VGA card. Perangkat yang satu ini merupakan komponen yang paling diperhitungkan agar game online yang Anda mainkan tidak terjadi lag. Sudahkah Anda mengecek berapa VRAM VGA anda? Jika VRAM Anda sudah mencapai 256 mb, maka Anda sudah bisa memainkan game online Point Blank karena VRAM sebesar itu adalah batas minimal yang dibutuhkan oleh game FPS tersebut. Jika ingin memainkan game MMORPG masa kini, saya sarankan Anda mengupgrade VGA Anda menjadi 1GB atau paling tidak 512 MB.

Yang terpenting dari semua perangkat tersebut adalah papan induk/motherboard. Hampir semua motherboard masa kini sudah sangat bagus. Namun perlu diingat, Anda harus mencari yang paling cocok dengan processor Anda, apakah cocok bila dipasang nantinya, apakah bus speed yang didudukung sudah sesuai dengan yang diinginkan? Pastikan juga perangkat lain seperti RAM, dan VGA Anda cocok saat dipasangkan pada motherboard tersebut.

Harddisk yang ‘lega’ dan memiliki daya transfer yang memadai juga merupakan salah satu hal yang harus diperhatikan. Kecepatan transfer harddisk sata menurut saya sudah sangat mumpuni untuk memainkan game online. Yang paling penting adalah ruang kosong didalamnya yang harus muat untuk game online yang Anda pilih. Saya menyarankan Anda menyisakan paling tidak 80 GB khusus untuk game online.

Apakah Anda memiliki DVDRW/ROM yang terpasang di komputer? Anda mungkin hanya membutuhkannya saat proses instalasi game online. Namun, saat ini hampir semua game online bisa didownload di website resminya meskipun beberapa juga memberikan alternatif untuk mendistribusikannya lewat DVD bagi yang memiliki koneksi internet yang tidak stabil.

Sudahkah power supply Anda cukup menyuplai daya ke semua perangkat komputer? Ini juga merupakan komponen yang patut diperhitungkan, apalagi VGA masa kini membutuhkan sumber daya mandiri dari psu sehingga jika psu Anda tidak kuat maka bisa jadi komputer akan restart, ada banyak jenis psu yang bisa Anda pilih, seperti 450w atau 900w.

Keyboard, mouse, dan headset/speaker adalah perangkat yang harus membuat Anda nyaman yang saat bermain dan mungkin perangkat yang satu ini sepertinya relatif bagi setiap gamer. Anda yang menginginkan kenyamanan yang lebih baik disarankan utntuk menggunakan keyboard dan mouse yang dikhususkan bagi gamer.

Setelah semua terbeli, jangan ketinggalan untuk membeli casing sesuai bentuk yang Anda inginkan. Casing yang besar dan memiliki ruangan yang lega sangat dibutuhkan agar semua hardware mendapatkan sirkulasi yang memadai agar suhunya tetap terjaga. Bila perlu, beri juga kipas tambahan.

Apakah spesifikasi komputer/PC untuk game online diatas tadi bermanfaat bagi Anda? Kesimpulannya, jika Anda ingin memainkan game-game yang bisa dibilang cukup ringan, seperti Point Blank, maka komputer dengan procesor DualCore, RAM 2 GB dan VGA 512 MB cukup mumpuni unutk memainkannya, namun jika Anda berencana untuk memainkan game MMORPG kelas atas, maka Anda bisa mengupgrade komputer Anda sesuai dengan yang saya sebutkan tadi.