Sunday, April 5, 2015

Kartu Grafis yang Cocok untuk Game Berat

Jika membahas tentang game PC, mungkin yang terlintas di benak kita adalah VGA mahal dengan VRAM tinggi. Ya, hal tersebut memang benar kerena tidak jarang game keluaran terbaru hanya membutuhkan procesor Pentium 4, namun dengan VGA minimal 1 GB. Ya, perangkat pemroses grafis tersebut memang salah satu komponen inti untuk urusan gaming.


Namun, VRAM tinggi bukanlah satu-satunya tolak ukur kualitas kartu grafis itu sendiri, melainkan ada pertimbangan lain yang penting untuk diperhatikan, yaitu chip yang tertanam dalam VGA tersebut. Dalam artikel kali ini, saya akan mencoba memberikan informasi kartu grafis yang mungkin bisa menjadi referensi jika ingin berbelanja hardware yang satu ini atau sebagai informasi tambahan bagi yang ingin merakit hardware untuk game online. VGA card apa saja yang saya rekomendasikan? Silahkan pilih mana yang dirasa paling cocok untuk game yang akan Anda mainkan.

salah satu game dengan kualitas 3d

Persaingan Chip NVidia dan ATi yang Semakin Ketat


Siapa yang tidak tahu tentang merk ASUS? Nama tersebut pasti sudah tidak asing lagi jika kita sering mempelajari atau mengutak-atik komponen komputer. Selain memproduksi motherboard dan optical disc drive, ASUS juga sering meluncurkan VGA-VGA yang terbilang sukses di pasaran, salah satu yang saya rekomendasikan adalah NVIDIA GeForce GTX 750 Ti yang mengadopsi chip NVidia didalamnya, beberapa pengujian menunjukka bahwa VGA ini menunjukkan performa yang baik meskipun menggunakan setting resolusi tinggi 1080p.

Nama lain yang juga tidak asing di telinga kita adalah Gigabyte. Brand yang satu ini juga sering mengeluarkan produk-produk VGA anyar mereka, salah satu yang cukup menyita perhatian kalangan gamer adalah VGA NVIDIA Gigabyte GTX 650 Ti. Untuk yang satu ini, Gigabyte tidak hanya mengadopsi chip populer dunia, yaitu NVidia, namun Gigabyte juga menanamkan VRAM yang besar dalam kartu grafis tersebut, yaitu 2 GB. Meskipun dirilis 3 tahun lalu, namun VGA ini masih mumpuni untuk diajak bermain game berat.

Dengan harga yang relatif terjangkau, AMD tidak ketinggalan mengeluarkan VGA yang menggunakan chip ATi. Dengan harga sekitar 1 juta, Anda sudah bisa menanamkan PowerColor Radeon R7 260X TurboDuo ke dalam perangkat personal computer Anda. VGA yang satu ini berjalan di kecepatan sekitar 1 Ghz.

Rupanya, dimensi dan ukuran yang besar cukup sebanding dengan kualitas dan performa yang diusung oleh kartu grafis Sapphire Vapor-X HD 7770 GHz Edition OC 1GB GDDR5. Salah satu hal yang membuat ukurannya 'memakan tempat' adalah dari segi pendingin yang siap menjaga suhu kartu grafis karena sudah menggunakan 2 fan. Dengan harga yang sedikit lebih tinggi dari VGA PowerColor Radeon R7 260X TurboDuo, kartu grafis Sapphire Vapor-X HD 7770 GHz Edition OC 1GB GDDR5 juga dilengkapi dengan sebuah fitur yang mendukung multi screen display.

Nah, kalau brand HIS sepertinya memang lebih identik dengan merk kartu grafis di Indonesia. Salah satu VGA card keluaran HIS juga menanamkan chip Radeon dalam HIS Radeon R7 250 iCooler Boost. Sedikit lebih tinggi dari 2 kartu grafis diatas tadi, kualitas/performa dari VGA card ini tidak bisa dianggap remeh, jadi harga memang sebanding dengan kualitas.

Adakah diantara beberapa VGA card diatas tadi yang Anda pilih untuk dapat memainkan game berat pilihan Anda? Beberapa kartu grafis tersebut hampir semuanya memiliki clock sebesar 1 Ghz dan menggunakan dua chip ternama dunia. Rata-rata harga kartu grafis di pasaran adalah sekitar 1,5 juta dan hal tersebut tentu sangat murah untuk ukuran sebuah kartu grafis high-end.